CARA MENINGKATKAN TRAFFIC YOUTUBE dengan SEO

GERHANA MATAHARI


Gerhana matahari di tahun 2016 terjadi pada tanggal 9 Maret 2016 sekitar jam 07.00 wib, di beberapa daerah di Indonesia telah terjadi gerhana matahari total di 12 propinsi Indonesia. Proses berlangsungnya Gerhana Matahari total yang terjadi di daerah-daerah Indonesia berlangsung sekitar 2-3 menit. Tidak semua daerah di Indonesia terjadi gerhana matahari total. Gerhana Matahari bukan peristiwa yang bisa terjadi setiap tahun di belahan bumi ini. Kejadian fenomenal ini bisa terjadi kisaran 350 tahun sekali di belahan bumi ini dan ini termasuk kejadian langka di alam semesta.

Gerhana matahari terjadi ketika posisi Bulan terletak diantara Bumi dan Matahari, sehingga bisa menutupi seluruh atau sebagaian cahaya Matahari ke Bumi. Setelah cahaya Matahari tertutupi bulan dengan sempurna akan tampak seperti api yang menjulur-julur dipinggir yang tertutupi bulan, api yang menjulur-julur di tepi itu disebut corona Matahari.

Gerhana Matahari atau Gerhana Bulan adalah bukti atas kekusaan Tuhan, itu semua menunjukkan bahwa semuanya ada yang mengatur dan ada yang berkuasa. Tidak dipungkiri lagi Matahari,Bulan, dan semua yang ada di alam semesta ini tunduk kepada Yang Maha Kuasa. Seperti yang diriwatkan di dalam sebuah hadist Bukhari-Muslim melalui Siti Aisyah r.a yang menceritakan bahwa Rasulullah Saw bersabda:

اِنَّ ا لشّمْسَ وَالْقَمَرَايَتَانِ مِنْ آياَت اللهِ لَايُخْسَفَانِ لِمَوْتِ اَحَدٍ وَلَالِحَيَاتِهِ، فَاِذَارَاَيْتُمْ ذلِكَ فَدْعُوااللهَ تَعَالَى وَكَبّرُوْاوَتَصَدَّ قُوْا

Yang artinya:
Sesungguhnya matahari dan bulan merupakan tanda kekuasaan Allah, keduanya tidak mengalami gerhana karena kematian sesoarang, tidak pula karena kehidupan seseorang. Apabila kalian melihat hal tersebut, maka berdoalah kalian kepada Allah Swt dan bertakbirlah serta bersedekahlah.

Ketika terjadi gerhana Matahari disunnatkan memperbanyak dzikir dan berdoa kepada Allah Swt. Dan disunnatkan pula untuk melakukan sholat gerhana sesuai dengan kepercayaan yang mereka anut. Seperti apa yang diriwayatkan dalam hadist Bukhari-Muslim dibawah ini:

فَاِذَارَاَيْتُمْ ذلِكَ فَاذْكُرُوااللهَ تَعَلَى

Yang artinya :
“Apabila kalian melihat hal tersebut (gerhana), maka berdzikirlah kalian kepada Allah Swt”.
Dalam hadist Bukhari-Muslim lain yang diriwayatkan oleh Al-Mughirah Ibnu Syu’bah menceritakan:

فَاِذَارَاَيْتُمُوْهَا فَادْعُواالله وَصَلُّوْا

Yang artinya:
“Apabila kalian melihat (gerhana), maka berdoalah kalian kepada Allah, dan sholatlah”.
Di dalam firman Allah Swt juga diterangkan tentang gerhana matahari:
  • Surat Ar-Rahman ayat 5

اَلشَّمْسُ وَالْقَمَرُبِحُسْبَانٍ

Yang artinya: Matahari dan bulan berjalan menurut perhitungannya

  • Surat Yunus ayat 5

هُوَالَّذِى جَعَلَ الشَّمْسَ ضِيَاءًوَالْقَمَرَنُوْرًاوَقَدَّ رَهُ مَنَازِلَ لِتَعْلَمُوْاعَدَدَالسِّنِينَ وَالْحِسَبَا مَاخَلَقَ اللهُ ذَلَكَ الَّابِالْحَقِّ يُفَصِّلُ الأَيَتِ لِقَوْمِ يَعْلَمُوْنَ


Yang artinya:
DIA-lah Allah yang menjadikan matahari bersinar dan bulan bercahaya dan menentukan tempat derajatnya agar kamu mengetahui bilangan tahun dan perhitungannya. Allah tidak menciptakan semuanya kecuali dengan hak. Dia menerangkan bukti-bukti kebesaran-Nya bagi orang-orang yang mengetahui.

Dan masih banyak lagi firman-firman Allah yang membahas tentang gerhana dan kekuasaan Allah Swt.

Hikmah yang bisa kita ambil dari terjadinya gerhana matahari ini adalah semua makhluk yang ada di alam semesta ini, semuanya tunduk kepada takdir dan aturan Allah Swt. Semua terjadi karena sudah ketetapan dari Allah Swt. Semua itu terjadi karena sunnatullah.

Semoga artikel sederhana ini bisa menjadi manfaat bagi kita semua.
Jika artikel ini dianggap bermanfaat, tolong dishare ya ….
Terimakasih sudah berkenan membaca artikel singkat ini.

Anda bisa Baca juga artikel di bawah:





0 Response to "GERHANA MATAHARI"

Posting Komentar